Sabtu, 31 Desember 2016

Piknik Asik ke Baturaden Bareng Keluarga

Setelah saya keluyuran ke beberapa tempat wisata baru di Banyumas, kali ini saya datang lagi ke Banyumas bersama keluarga ke obyek wisata yang sudah cukup lama kita dengar dan menjadi salah satu wisata populer dijawa tengah, yaitu Baturaden.

Seperti halnya Candi Borobudur, siapa pun orangnya di Jawa tengah, pasti tau. Baturaden juga sama, siapa pun orangnya di Jawa tengah, pasti tau. Kecuali saya, sebelum jadi Mentri Pariwisata kemana-mana pasti belum ada yang tau.

Selain itu di Baturaden juga mempunyai kenangan manis buat saya, bahkan terlalu manis. Tepatnya 3 tahun yang lalu, Baturaden menjadi tempat kencan pertama saya dengan Mala yang sampai saat ini kita masih bersama. Karena di Baturaden inilah saya dan Mala berjanji untuk keliling bersama mencari tempat-tempat wisata yang belum kita datangi.
Ehm. Balik ke keluarga. Sebenernya ada keinginan besar dalam angan saya, yaitu mengumpulkan satu keluarga besar dari mulai anak-cucunya kakaknya kakek saya, sampai anak-cucunya adeknya kakek saya untuk liburan bareng entah kemana yang penting liburannya di Indonesia, namun untuk mewujudkan impian Besar tersebut, saya mulai dari yang kecil dulu dengan mengajak keluarga dari kakek saya (saja) untuk piknik bareng. Dan Alkhamdulillah, semuanya berjalan lancar. Bahkan saya mendapat keringanan karena saya tidak perlu membayar orang untuk membawa travel sewaan saya, karena bapak saya sendiri jago membawa mobil. Hehe Dan inilah cerita liburan kami. _________________________________________ Pukul 4 pagi,
Karena ingin makan bersama sekeluarga di Baturaden, ibu saya mulai disibukan dengan memasak nasi, masak ayam goreng dan berbagai lauk-pauk lainnya, begitu juga dengan Bude saya yang ikut masak dengan menu lain. Kemudian satu-persatu dari kita bangun dan mandi karena rencana berangkat tepat pukul 6. Sedangkan saya yang menjadi ketua panitia dalam liburan kali ini malahan masih tertidur dengan dengkuran khasnya saya. Tak lama kemudian saya bangun dan melihat adik saya sudah sangat rapih bahkan sedang main game playstation sambil nunggu berangkat. Singkat cerita, lewat 15 menit dari jadwal, kita jalan. Tidak ada masalah disepanjang jalur utama Slawi-Bumiayu, tapi begitu masuk Ajibarang macetnya bikin pantat kesemutan. Untungnya sih macet dikarenakan truk didepan gak kuat nanjak, coba kalau macetnya gara-gara kepenuhan kendaraan, bisa tahun depan baru nyampe Baturaden. Begitu sampai daerah perkotaan (Purwokerto), tidak akan kesusahan bagi siapa saja yang ingin ke Obyek wisata Baturaden, karena sangat banyak sekali plang penunjuk jalan menuju kesana. Tak terasa sudah 4 jam ternyata kita dijalan dan baru sampai. Terlihat sudah banyak sekali pengunjung yang datang, baik dengan keluarga, sepasang suami-istri atau kekasih. Selanjutnya kita langsung masuk ke wisata alam yang paling terkenal di Banyumas ini. Baturaden itu bener-bener is the best banget, dimana pun kita berada, bisa dijadikan spot foto yang kece banget.

Dengan keindahan alam yang terbentuk dengan sangat indah dan menakjubkan ini bisa menjadi magnet ketika akhir pekan dan libur panjang seperti sekarang ini. Di tambah lagi lokasinya yang berada di kaki gunung slamet yang menjadikan cuaca di tempat ini sangat sejuk dan membuat kita tidak akan pernah merasa bosan untuk datang lagi dan lagi. Sedangkan fasilitas yang ditawarkan juga beragam : Ada kolam renang, kolam luncur, pijat belerang, mandi air panas, komedi putar dan kereta mini. Fasilitas lainnya seperti mushola, toilet, dan berbagai tempat duduk juga terjaga akan kebersihannya. The bestnya ada wisata lagi didalam obyek wisata Baturaden. Kenapa dibilang ada wisata lagi, simple... karena masuknya bayar dan dapet tiket lagi. Wisata-wisata ini bernama : Pancuran pitu dan telu, Telaga Sunyi, Bumi perkemahan, Kaloka widya mandala (BonBin), Teater alam baturaden. Ibaratnya Baturaden itu kayak sebuah tempat yang sengaja dibuat untuk diliburanin dari dulu, dulu banget malah. Saya sih gak tau pasti cerita awal berdirinya Baturaden ini, yang jelas siapa pun orangnya yang pertama kalinya nemuin tempat ini pasti jiwanya traveler sejati banget. _________________________________________ Kembali ke cerita. Selanjutnya kita yang masih muda-muda kayak saya dan sodara sepupu lainnya bisa seru-seruan di sungai kecil yang cantik ini sambil foto dengan background tebing yang terdapat air yang mengalir. Kemudian kita naik kejembatan yang waow banget pemandangannya, dari sini kita bisa lihat setengah dari luasnya obyek wisata Baturaden.
Setelah berjam-jam keliling di Obyek wisata Baturaden, meskipun tiap sudut gak kita datangi, karena perlu waktu berhari-hari untuk menyusuri ke berbagai spot menarik lainnya, akhirnya kita menemukan tempat yang sepi, yang nyaman dan yang terpenting di alam terbuka. Emang untuk ngapain? untuk makan bareng sekeluarga. Kemudian kita buka tikar dan semua makanan yang sudah dibawa dari rumah keluarkan. Makan bareng keluarga di tempat terbuka kayak gini itu rasanya bener-bener hangat dan harmonis. Jujur. Meskipun banyak orang bilang kalau kita adalah keluarga yang harmonis, akan tetapi itu dari luaran saja, sebenernya banyak pertikaian kecil diantara kami seperti saya dengan orangtua, saya dengan kakaknya ibu, saya dengan kakek-nenek begitupun semuanya, hal utamanya karena salah pemahaman, juga karena kita sama-sama sibuk dengan urusan masing-masing yang kadang dapat menimbulkan rasa kesal. Tapi untungnya kita semua sama-sama orang dewasa, maksudnya sebesar apapun masalahnya bisa kita perbaiki dengan kepala dingin. Dan ketika sedang makan bersama diluar ini, baru kita terlihat seperti keluarga yang paling harmonis didunia. Penuh canda antara bapak-bapak, antara ibu-ibu, anak-anak, kadang juga antara bapak dan anak, bapak dan ibu, atau ibu dan anak.

Memang penting bagi keluarga siapa saja untuk melakukan kegiatan diluar rumah. Ini demi menjaga rasa cinta diantara kita. Dan yang paling spesial adalah kita makan di luar, di alam, bukan dirumah yang dikelilingi berbagai tembok. Ibu dan Bude saya sama-sama bilang "Entar kapan-kapan makan diluar lagi kayak gini" Ini memang yang saya impikan dari dulu, Karena bagi saya keluarga adalah rumah, seberapa buruk kita diluar, keluarga akan tetap menerimanya. Makanya kita diwajibkan untuk piknik atau liburan bareng keluarga minimal setahun sekali demi menjaga keharmonisan. Tapi impian besar saya bukan ini, melainkan ingin menyatukan seluruh keluarga besar kakek buyut saya untuk mengadakan liburan bareng yang kita atur sendiri atau bisa juga mengikuti paket liburan dari HIS Travel Indonesia, dengan berbagai pilihan paket wisata domestik yang kita inginkan. Dengan HIS Travel Indonesia juga kita bisa liburan dengan tenang, aman, dan tidak bingung mau tidur dimana karena kita bisa juga booking hotel dengan mudah, dan nyaman istirahat di Hotel pilihan kita.
Semoga apa yang saya impikan ini bisa tercapai bersama HIS Travel Indonesia. Dan inilah pengalaman pertama kalinya saya dan keluarga dari kakek liburan bareng ke Baturaden.