Kamis, 22 September 2016

Pantai Alam Indah (PAI)

Bro! Tau gak dimana tempat terbaik untuk melihat sunrise di Tegal?
Enggak tau emang dimana?
Di Pantai Alam Indah bro!
Ah serius nih!
Iya serius!
Ya udah besok pagi-pagi mau ke sana.

Mendengar cerita temen yang katanya di "Pantai Alam Indah" sunrisenya cakep, saya langsung gelisah gak sabaran pengin cepet-cepet kesana. Sampe malemnya gak bisa tidur, liatin jam dinding mulu yang ternyata jamnya mati. Pantesan dari tadi jam 11 aja gak ganti-ganti. Begitu liat jam di hp ternyata udah jam 5:30.  

Saya resmi kesiangan.

Tapi karena udah niat banget pengin ke Pantai Alam Indah pagi ini juga, saya pun tetap ke sana dengan (kembali) mengajak Mala (pacar), Fajar (adik), dan Farkhan (adik pacar) untuk menemani saya.

Pantai Alam Indah atau biasa di singkat "PAI" ini, berada di dekat jalan raya pantura Tegal, sama seperti Pantai PUR'IN. Namun bedanya kalau ke PAI dari pantura masih 500 meteran untuk sampe di pintu masuk. Sementara panjang pantainya dari area Pelabuhan Tegal (barat) sampai ke Universitas Pancasakti (barat), kira-kira sekitar 500 m. Makanya, PAI menjadi favorit bagi pengunjung yang ingin berwisata sekaligus berolahraga, tak jarang saya temui selama ke PAI pasti ada orang yang sedang olahraga kayak joging, main bola, olahraga bela diri, voli, sampai orang yang teriak tolong juga ada.

Itu mah orang minta tolong, woi tolongin itu tolongin!!!  





Didalamnya juga terdapat banyak banget fasilitas yang disediakan seperti yang paling beda dari pantai-pantai yang ada di Indonesia yaitu adanya museum di dalam obyek wisata pantai (bisa juga disebut monumen), namanya museum bahari yang memajang berbagai kendaraan perang, pesawat capung, juga ada rudal dan roket yang di gunakan pada perang dunia dahulu. Dengan gratis kita bisa foto-foto di sampingnya. Ada juga tempat rekreasi waterboom poci disebelah timurnya museum. Ada juga panggung hiburan, gazebo, gardu pandang, dermaga sepanjang 100 m, serta kereta wisata dan perahu wisata, dan masih banyak lagi yang kalau saya sebutin semua bisa gak kelar-kelar ngetiknya.

Keindahan pemandangan lautnya juga keren saat pagi dan sore hari. Karena kalau siang panas banget disini, mungkin karena pohonnya dikit, beda dengan PUR'IN yang lebih adem karena banyak banget pohonnya.

Cristiano Ronaldo pernah kesini gak?
Belum, mungkin entar kalau saya jadi Mentri Pariwisata bakal saya undang.

Kemudian saya, bersama Mala, dan adik-adik kita, berlomba bikin rumah pake pasir basah.  



Puas mainan pasir, lalu kita menuju museum/monumen bahari yang ada di PAI untuk foto-foto sekaligus mengakhiri keluyuran kita yang sangat singkat ini.






Sampai disini dulu dari Pantai Alam Indah, mungkin lain waktu akan saya bahas mengenai museum/monumen bahari yang ada di PAI itu. Selanjutnya, saya kembali lagi dengan Mala (pacar) akan seru-seruan bareng di Rita Park, Tegal malem-malem. 
Ini di Pantai Alam Indah, jam 06:30.

Sangat beruntung dan bangga menjadi warga Tegal. Karena hobi saya tukang keluyuran alias jalan-jalan, Tegal memiliki tempatnya buat kita yang suka jalan.
Mau ke pantai? Banyak.
Mau yang dingin-dingin kayak di puncak? Ada.
Mau keluyuran malem-malem? Bisa.
Wisata kuliner? Maknyos.
Semuanya ada di Tegal. Makanya saya bangga lahir di Tegal.

Lihat juga :

Dan sebentar lagi Tegal akan meresmikan Museum Situs Purba yang ada di Desa Semedo yang di gadang-gadangkan bakal Go Internasional museum ini, sama seperti museum di sangiran.

Sumber foto : weeknescape.wordpress.com

2 komentar:

  1. Sayang ya, tempat-tempat seperti ini sering bermasalah dengan kesadaran wisatawan yang rendah masih suka buang sampah seenaknya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bahas wisatawan yang suka buang sampah sembarangan di tempat-tempat wisata kayaknya gak ada habisnya mas.

      Hapus