Minggu, 21 Agustus 2016

Keluyuran di Banyumas # 1 : Bersenang-senang dahulu, bersakit-sakit kemudian saat ke Curug nangga


Setelah kemarin saya dan mala keluyuran ke curug sibedil dan curug bengkawah, ternyata masih belum puas buat mala untuk mencari keindahan curug/air terjun lainnya. Ini sih bener-bener terkena virusnya beti yang mulai menjalar ke sel-sel otaknya mala, makanya mala jadi seneng melihat air terjun. Sedangkan keluyuran kali ini bukan hanya saya dan mala saja, tapi ada dwi, dan sang pakarnya air terjun siapa lagi kalau bukan (teriak sama-sama) BETIIIIIIII... iya kali ini beti ikut menjelajah salah satu curug yang ada di Banyumas, dan curug ini kata beti bertingkat 7 kayak tangga, namanya curug nangga.

Kayak apa sih curugnya?
"Liat aja entar" kata beti yang ternyata dia sendiri juga belum pernah kesana, dan ternyata juga saya, mala, dan dwi disuruh ikut hanya untuk menemani beti mengeksplor curug nangga. Sialan!! kirain mala yang ngajakin, ternyata beti yang membuat rencana.
Kita dari Tegal naik motor, saya sama mala dan dwi bareng beti. Perjalanan kita dari Tegal ke Ajibarang (kec. Pekuncen) masih aman-aman saja, meskipun ada tanjakan, tapi tidak terlalu terjal. Disini kita berhenti untuk menanyakan arah ke curug nangga sama ibu-ibu yang lagi jemurin baju.
"Bu! mau tanya. Emang bener saya mirip andre taulany?"
Si Ibu memandang aneh.
"Maaf bu, maksud saya emang bener ini jalan menuju curug nangga yang ada di desa petahunan"

Alkhamdulillah ternyata kita belum kelewat, kata si ibu tadi, beliau menunjukkan jalan kalau sekitar 200 meteran lagi ada RM sumber alam (dari arah Brebes kanannya jalan), dan sebelumnya ada pangkalan ojeg, sedangkan jalan untuk menuju desa petahunan itu ada di sampingnya lagi, Terus masuk dan tinggal ngikutin jalan itu. Bahkan ternyata sudah ada petunjuk jalan bertuliskan curug nangga di samping pangkalan ojeg tadi, jadi bagi yang ingin ke curug nangga gak usah bingung-bingung. Nah dari sini jalanan mulai nanjaknya naudzubillahimindzalik. Terjal banget, gak tau kemiringannya nyampe berapa, berkelok-kelok pula. Tapi alkhamdulillah sih motornya mala kuat. Saya sempet khawatir takut gak kuat.

Mungkin kalau motornya bisa ngomong pasti udah marah tuh. "gak kuat!! berhenti bego. Kalau gak tau berhenti yaudah stop. Jangan di paksain"

Akhirnya kita sampai juga di parkiran curug nangga

Kemudian kita jalan menuju curugnya sekitar 1,5 Kilo dengan jalanan berupa batu-batuan yang disusun rapi sampai ke curugnya yang ada di bawah. Saya liat dan amati, ada sebuah keniatan yang besar bagi warga desa petahunan untuk menjadikan curug nangga ini sebagai obyek wisata, apalagi kata salah satu warga yang saya ajak ngobrol kalau pemerintah setempat telah menyumbang untuk mewujudkan impian warga ini. Dan inilah obyek wisata baru dari desa petahunan, curug nangga.




Ini sih keren banget. Beneran kayak tangga, tujuh tingkat. Cuma sayang debit airnya gak deras. Karena udah dua minggu ini gak hujan. Tapi ini sih udah keren banget. Saya aja sampe melongo liatnya, melongo liatnya, karena baru liat yang kayak gini. Sungguh beruntungnya desa ini, karena mempunyai curug sekeren ini. Coba kalau halaman belakang rumah saya kayak gini, beh... penginnya langsung pamer. Apalagi kalau ada 7 bidadari yang lagi mandi di tiap tingkatannya, pasti pemandangannya seger banget. (Plakk!!) Di tabok mala.







Setelah seneng-seneng sekitar 1 jam lebih, Kita langsung siap-siap mau pulang, namun saya baru sadar kalau tadi kita dari parkiran menuju curugnya itu melewati jalan yang menurun dan terus menurun. Dan itu artinya ketika mau balik ke parkiran lagi berarti kita harus naik lagi yang jaraknya 1,5 Kilo sampe parkiran. OMG... baru liat keatas aja udah syok. Saya emang benci banget sama jalan yang menanjak, maupun itu tanjakan terbuat pake batu lah, tanah lah, atau tangga yang ada di mall sekalipun, saya benci banget.

"Buat ngurusin badan mas" kata dwi.
"Betul! Semangat untuk kurus" sambung mala.
Enteng banget kalau ngomong.

Untuk urusan menguruskan badan sih semangat, tapi untuk naik ke parkiran rasanya berat banget. Harusnya tadi nyampe di tengah-tengah aja dan foto-foto dari situ, gak usah harus turun.

Harusnya dari sini aja foto-fotonya, gak usah nyampe ke bawah.
Baru naik beberapa langkah pinggang terasa perih banget.

"Pliss!! berhenti, 5 menit aja deh, 10 menit juga gakpapa, 1 jam aja deh, atau besok lagi aja deh mulai jalannya" Ini pinggang sakitnya tuh di pinggang.
Sementara mala, dwi, dan beti tetap jalan di depan, sedangkan saya di belakang udah kayak lintah kena ambeyen. Jalannya sambil ngangkang.

Hampir 1 jam kita naik ke parkiran, akhirnya sampai juga. "Air mana air..."

Perjalanan ini kayak kebalikannya sebuah pribahasa, bersenang-senang dulu, bersakit-sakit kemudian. Karena tadi kita seneng banget pas lihat curugnya, tapi begitu pulang susahnya minta ampun untuk kembali ke parkiran. Tapi ini curug asli keren banget. Saya berani menebak kalau 5 th kedepan umur saya nambah 5 th. Eh!! maksud saya 5 th lagi obyek wisata curug nangga ini kalau dijaga dan dirawat dengan sungguh-sungguh, pasti ketenarannya bisa sama kayak baturaden.

"Siap mas! akan kami jaga" kata mas-mas penjaga parkiran. Padahal tadi saya ngomong dalam hati loh.

Beti (Sang petualang sejati)
Dwi (Calon bininya Turis)
Mala yang mulai suka air terjun semenjak kenal Beti

Quetos dari beti : cowok kw (baca : ka-we) kalau ke curug cuma selfie, cowok ori kalau ke curug langsung terjun dan berenang.

Salam keluyuran dari curug nangga. jaga kebersihan, dan habiskan makananmu karena nanti mama marah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar