Minggu, 06 Agustus 2017

Tips Mendaki Gunung Bagi Orang Gendut VERSI Blog Sering-Keluyuran.

 
Sebagai orang gendut yang berat badannya lebih dari 85kg, kadang suka menyerah sebelum bertindak seperti ketika saya liat temen ngepost foto dengan latar belakang pemandangan alam yang keren banget, begitu ditanya mengenai foto tersebut diambil dimana, saya langsung sedih kalau jawabannya adalah di Danau Ranukumbolo yang letaknya di Gunung Semeru, atau di Segara Anak di Gunung Rinjani misalkan. Karena saya atau kita sebagai orang gendut akan mikir lima kali (kalau mikir cuma dua kali masih kurang) untuk menjajal naik gunung atau tidak. Karena mendaki gunung adalah sebuah kegiatan alam yang bukan hanya sekedar jalan-jalan saja, tapi kita juga harus punya ketahanan fisik dan tenaga yang kuat, karena mendaki gunung termasuk olahraga cukup ekstrim. Nah... saya main futsal baru 5 menit aja sudah engap. Tapi dengan tekad saya yang ingin sekali mendaki gunung dan memandang keindahan dari atas gunung, membuat saya berjuang gimana caranya supaya orang gendut juga bisa!. Maka inilah 15 tips mendaki gunung bagi orang gendut. Semoga bermanfaat.
 
1. Olahraga dong!
 
Pict By : CheritaHati - WordPress.com
Kalau orang-orang bilang sebelum mendaki itu harus olahraga maksimal seminggu sebelum mendaki. Itu benar, tapi untuk orang kurus, sedangkan bagi yang gendut minimal satu bulan full kita olahraga, tujuannya selain agar fisik makin kuat, berat badan juga makin turun. Jadi pas nanti mendaki badan kita tuh gak gendut-gendut amat. Jenis olahraganya jangan catur, itumah sama aja, tapi sering-sering lah godain istri orang, nanti pastinya si suami gak trima dan bakal ngejar-ngejar kita. Disitulah letak suksesnya membakar kalori yang banyak, karena kalau cuma lari-lari biasa paling keringatnya dikit yang keluar, tapi kalau lari sambil dikejar orang pasti keringatnya sebiji jagung walopun larinya cuma sebentar.
 
2. Jangan Baper.
 
Pict By : Vemale.com
Orang gendut itu sedikit lebih baper. Liat semut mati aja merasa kasihan yang teramat sangat mendalam dan jadi perasaan, apalagi kalau punya pacar yang ditinggal buat pergi misalkan, pasti kepikirannya sama si pacar terus, mikirin apakah dia sudah makan, apakah sudah minum setelah makan. Jadi sebisa mungkin seminggu sebelum mendaki putusin aja dulu pacar kita sambil bilang supaya pikiran tenang saat mendaki. Kalau emang sayang, pasti pacarnya itu ngertiin. Malahan seneng, karena dia bisa jalan dengan cowok yang badannya lebih cool. Tapi yang penting sukses mendakinya.
 
3. Ajak teman.
 
 
Untuk mendaki gunung, kita pasti akan membutuhkan orang lain, entah itu untuk untuk penyemangat, bawain tas kalo kita memang sudah sangat lelah, bisa juga untuk temen ngobrol. Jangan mentang-mentang habis nonton film 5cm terus bilang sudah pengalaman mendaki gunung, padahal cuma nonton film.
 
9. Sewa Guide/Porter.
 
Pict By : Jalan Setapak Adventure - WordPress.com
Waktu mendaki Sindoro kemarin, dengan senang hati saya menerima pertolongan dari Mas Galih untuk membawakan cerrier saya. Yaiyalah... yang gak seneng yang bawain cerrier. Tapi nyatanya Mas Galih gak ada raut wajah nyesel, karena emang ini udah bagian dari pekerjaannya. Jadi sah-sah saja kalau kita pengin mendaki dengan sedikit beban saja yang kita bawa. Konsekuensinya ya kita keluar duit banyak buat bayar tenaganya orang lain.
 
10. "Jangan Tinggalin Aku ya..."
 
 
Kalimat tersebut juga termasuk tips mendaki gunung buat orang gendut. Karena orang gendut itu langkahnya pelan kayak siput mungkin, gak selincah kancil. Jadi sebelum mendaki baik bareng temen atau sewa Guide usahakan kita mengingatkan mereka untuk tidak ninggalin kita.
 
14. Bawa makanan di kantong.
 
 
Makanan adalah teman hidupnya orang gendut. Karena orang gendut kalau gak sambil ngemil bisa kehilangan gairahnya. Seperti yang saya alami kemarin di Sindoro, gegara gak makan pas mau turun, kondisi badan makin gak karu-karuan. Makanya nanti kalau mendaki lagi saya bakal ngantongin coklat di saku kiri, roti di saku kanan, lalu bawa tas kecil yan didalamnya sudah ada gorengan.
 
15. Dan tips terakhir yang paling penting yang akan saya kasih adalah NIAT.
 
 
Percuma juga kita ngikutin tips ini dari awal tapi ternyata kita gak niat buat mendaki. Mending dirumah main Playstation sambil makan mie ayam+bakso, minumnya es campur. Jadi sebelum mendaki kita mantapkan dulu niat kita.
 
~~sk~~
 
Begitulah sekelumit tips mendaki gunung untuk orang gendut yang saya tau. Semoga bermanfaat dan pulang juga dengan selamat membawa foto terbaiknya yang kita ambil di atas gunung.
 
Mulai sekarang stop diskriminasi orang gendut, karena orang gendut juga manusia, dan setiap manusia pasti ingin melihat pemandangan yang indah. Maka bantulah kami wahai para pendaki yang berpengalaman apabila sedang kesusahan dalam mendaki gunung. Sedangkan kalian para orang gendut yang berhasil naik gunung lalu pamerin fotonya di sosmed, jangan takut kalau ada orang yang gak percaya kita naik gunung. Bilang aja "Naik pelaminan aja bisa, apalagi naik gunung".


Baca juga :
Tengah Malam Mendaki G. Sindoro
Mendaki G. Prau Bareng Keluarga Sering Keluyuran
Di Paksa Naik Bukit Batu Agung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar